Thursday, August 22, 2013

Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip Part I



Mendeskripsikan tentang multimedia Mengambar

Ø  Menggambar (Inggris: drawing) adalah kegiatan kegiatan membentuk imajinasi, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat.
Ø  Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.
Ø  Pelakunya populer dengan sebutan Penggambar/juru gambar (inggris:draftsman) yang merupakan salah satu bagian pekerjaan dari perupa.

Perkembangan perangkat lunak grafis membuat kegiatan menggambar bisa pula dilakukan dengan sentuhan penuh alat-alat komputer. 
Contohnya  adalah karya gambar oleh Peter Welleman
Berikut daftar  perangkat lunak yang memungkinkan kegiatan  menggambar :
·         Microsoft Expression
·         Inkscape
·         Adobe Photoshop
·         Adobe Illustrator
·         Paint Shop Pro
·         Corel Painter
·         Pixia
·         Kolourpaint
·         Microsoft Paint
·         The GIMP

openCanvas

Menggambar  Clean Up 

  •   "Clean-Up" merujuk kepada proses penyempurnaan karya seni kasar animasi 2D.
  •   Tujuan Clean Up adalah untuk menciptakan animasi dengan halus, garis konsisten seni dan garis berat sebelum ditransfer ke cels untuk melukis.


Menggambar  Clean Up 
Kadang-kadang animator menandai catatan pada seni bersih-bersih dengan  pensil atau tinta, dalam warna-warna yang tidak akan ditransfer ke sel-sel, pada  baris dibersihkan bekerja – biasanya untuk inkers dan pelukis yang akan berurusan dengan berbagai warna garis dan isi di cels.

Clean  Up & Sisip 
Menggambar clean up adalah membersihkan gambar dengan  cara menjiplak pada animasi.
Gambar sisip adalah menyisipkan gambar atau teks pada animasi.
Tracing 

  • Berawal  dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. 
  • Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa.


Software untuk  Tracing 

  • Beberapa  software misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi  1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik.
  • Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya.

Tracing 
Tracing 
-       Tracing  adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu  dengan waktu.
-       Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style sekalipun.
Teknik Tracing 
-        Manual  Tracing 
-       Meletakkan gambar asli dibawah kertas kalkir, lembaran acetate, mika susu/kodaktris, boleh kertas doorslag, atau kertas roti. Lalu kita menggambar menggunakan tinta cina, rapido, atau tinta afdek yang pekat
Teknik Tracing 
-       Digital  Tracing
-    Tracing digital saat ini banyak kita kerjakan dengan bantuan computer.Gambar asli di-scan, lalu dijiplak lewat bantuan piranti lunak semacam Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe Photoshop, Coreldraw atau Corel Painter.
Tracing 
-     Produk yang dihasilkan adalah illustrasi vector, untuk menutupi kebutuhan illustrasi yang akan dipakai pada desain-desain poster, iklan-iklan koran bahkan web dan film-film kartun.
Tracing 
-  Tracing yang dilakukan dengan bantuan aplikasi berbasis bitmap semacam Photoshop, photopaint atau Painter, kita sebut tracing bitmap. Tracing bitmap lebih banyak dikerjakan dibidang screen printing dan tekstil printing.
Tracing 
-     Tracing bukanlah masalah menjiplak dalam arti sempit, tracing adalah teknik penggambaran ulang baik manual atau digital. Dalam illustasi, tracing adalah style yang membutuhkan kemampuan trace dan penguasaan aplikasi grafis.

Materi : Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip part I

No comments:

Post a Comment