Sunday, October 6, 2013

SIKLUS PROGRAM JAVA



Siklus Program Java

Program java biasanya melewati lima fase yaitu :

  1.      Edit
  2.     Compaile
  3.      Loading
  4.      Verify
  5.     Execute


Fase 1      :     Editing afile (penyuntingan file program) fase penyuntingan dilakukan dengan editor teks. Pemrograman mengetik program sumber kemudian program sumber disimpan sebagai file program sumber harus berekstensi (berakhiran) .java untuk identifikasi ekstensi .java, mengidentifikasi file merupakan kode sumber dibahasa .java.

Fase 2      :     Compile (kompilasi program sumber)
                         Program memberikan perintah
                         Java <file kode sumber>
                         Perintah diatas memanggil kompilator java untuk menerjemahkan program sumber menjadi bytecode. Serangkaian instruksi yang dipahami java interpreator untuk mengompilasi file program nama file .java, maka kita ketikkan perintah (prompt atau MS-DOS di windows) javac nama file .java.
                         Jika javac mengkompilasi dengan benar maka kompilator javac akan menghasilkan file bernama, nama file .class, file ini berisi bytecode yang akan diinterpresikan selama fase eksekusi.

Fase  3     :     loading
                         Program yang dieksekusi (class) harus lebih dalam berada dimemori sebelum dieksekusi. Aktifitas pemuatan ke memori dilakukan class loader dengan mengambil file .calss berisi byte code dan mentransfer memori utama file .class dapat dimuatkan dari disk system local atau jaringan

Fase  4     :     Verify
                         Begitu kelas dimemori byte code diverifikasi bytecode verifier, verifikasi ini untuk menjamin sah dan tidak melanggar batasan keamanan java .java memaksakan keamanan secara ketat agara program darai jaringan tidak merusak system local milik kita sebagaimana virus dapat melakukannya

Fase 5      :     Execute
                         Interpreter dibwah kendali system operasi menginterpretasikan satu bytecode, satu saat dan melakukan aksi-aksi yang dispesifikasikan bytecode.
 

demikian materi untuk java, nanti kita sambung dipertemuan berikutnya

java pertemuan kedua download



No comments:

Post a Comment