Menguasai
cara menggambar clean-up dan sisip Part III
Satuan
Pendidikan : SMK Az Zahra Mlonggo Jepara
Mata
Pelajaran : Produktif Multimedia
Kelas
/ Semester : XII / 5 (Gasal)
Standar
Kompetensi : Menguasai cara meng gambar
clean-up dan sisip
Kompetensi
Dasar : Membuat gambar-gambar asli
Masih dalam Cara Menggambar Clean-up dan sisip tapi ini
melanjutkan pertemuan yang kemarin tapi masih dalam Kompetensi dasar yaitu
membuat gambar-gambar asli
BATASAN VARIABEL
1.Storyboard dapat mencerminkan serangkaian gaya animasi
yang meliputi :
- Gambar
- Puppetry
- Digital imaging
-
Teknik dan gaya grafik yang luas
2. Perintah software meliputi :
- Gambar
- Puppetry
- Digital imaging
3. Jenis-jenis produksi dapat meliputi:
- Ciri-ciri film
- Film pendek
- Iklan
- Video musik
- Produksi televisi
4.Personil yang relevan meliputi:
- Desainer produksi
- Supervisor
- Kepala bagian
- Pengarah fotografi
- Sutradara
- Produser
- Pengarah teknis
- Staf teknik lain
- Staf spesialis lain
- Desainer
- Manajer studio
- Personil produksi animasi
- Artist visual
5. Elemen-elemen yang dianimasikan meliputi :
- Karakter
- Latar
- Property misal furniture
6. Detail untuk gambar kunci dapat ditemukan pada :
- Storyboard
- Layout gambar
- Layout gambar
- Kamera sheet
- Penggalan soundtrack
7. Image yang dianimasikan dapat berupa:
- Pencitraan yang digambar tangan
- Bentuk-bentuk dan ‘action’ yang
dibuat melalui komputer
8. Penggalan mungkin dapat menunjukkan:
- Jumlah dimensi yang diperlukan
- Jejak ‘action’ dan penyertaan
9. Gambar-gambar kunci asli dan tiga dimensi dapat: :
- Diproduksi dalam berbagai macam
gaya grafis
- Melibatkan banyak gaya dan
teknik grafis
Menguasai
cara menggambar clean-up dan sisip Part III
Satuan
Pendidikan : SMK Az Zahra Mlonggo Jepara
Mata
Pelajaran : Produktif Multimedia
Kelas
/ Semester : XII / 5 (Gasal)
Standar
Kompetensi : Menguasai cara meng gambar
clean-up dan sisip
Kompetensi
Dasar : mengidentifikasi syarat-syarat gambar 3 dimensi
Sekarang kita sudah msuk dalap menidentifikasi
syarat-syart gambar tiga dimensi
v PANDUAN
PENILAIAN
1.
Pengetahuan dan keterampilan penunjang
Penilaian harus meliputi bukti pengetahuan utama dan ketrampilan pada
bidang-bidang berikut :
1.1 Visualisasi dan pemahamankonsep kreatif.
1.2 Memahami skrip,
spesifikasi dan instruksi.
1.3 Prinsip dan teknik produksi
animasi.
1.4 Gambar pada skala.
1.5 Prinsip dan teknik animasi
1.6 Komposisi dan pembuatan film
1.7 Memahami elemen artistik
produksi
1.8 Mengenal metode dan teknik
animasi saat ini
1.9 Menjaga integritas design
1.10 Gambar hidup dan terjemahan
ke karakter yang dianimasikan
1.11 Teori warna, garis, dimensi,
kedalaman dan penerapannya pada layar kaca.
1.12 Karakter gambar
1.13 Gambar kartun
1.14 Prosedur kerja atau campuran
keduanya.
2.
Konteks penilaian
2.1.
Penilaian mungkin dapat terjadi pada tempat
kerja, diluar tempat.
2.2.
Penilaian
diluar tempat kerja harus dilakukan dengan lingkungan kerja yang disimulasikan
mendekat tempat kerja.
2.3.
Penilaian dapat menggunakan beberapa metode
untuk menilai kemampuan dan pengetahuan utama yang mendukung penerapan,
dan dapat mencakup:
2.3.1. Contoh
kerja atau aktivitas kerja yang disimulasikan.
2.3.2. Pertanyaan
lisan / wawancara yang ditujukan untuk mengevaluasi proses yang digunakan dalam
mengembangkan dan mewujudkan konsep kreatif.
2.3.3. Laporan
/ buku catatan kemajuan.
2.3.4. Laporan
pihak ketiga dan prestasi otentik sebelumnya.
2.3.5. Bukti
portfolio yang menggambarkan proses yang digunakan dalam mengembangkan dan
mewujudkan konsep kreatif.
3.
Aspek penting penilaian
Bukti berikut ini penting untuk menilai kompetensi
dalam unit ini:
3.1.
Pengembangan gambar-gambar asli dan tiga dimensi
yang memenuhi persyaratan praktis termasuk dalam jenis produksi dan batasan
sumber, khususnya batasan anggaran.
1. Mengumpulkan, mengorganisir
dan menganalisa informasi.
2. Mengkomunikasikan ide-ide dan
informasi.
3. Merencanakan dan mengorganisir
aktivitas-aktivitas.
4. Bekerja dengan orang lain dan kelompok.
5. Menggunakan ide-ide dan teknik
matematika.
6. Memecahkan masalah.
7. Menggunakan
teknologi
Selanjutnya
akan di bahas di lain waktu
No comments:
Post a Comment