Monday, September 9, 2013

Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip Part III



Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip Part III
Satuan Pendidikan      :  SMK Az Zahra Mlonggo Jepara
Mata Pelajaran           :  Produktif Multimedia
Kelas / Semester         :  XII / 5 (Gasal)
Standar Kompetensi    :  Menguasai cara meng gambar clean-up dan sisip
Kompetensi Dasar       : Membuat gambar-gambar asli


Masih dalam Cara Menggambar Clean-up dan sisip tapi ini melanjutkan pertemuan yang kemarin tapi masih dalam Kompetensi dasar yaitu membuat gambar-gambar asli

BATASAN VARIABEL
1.Storyboard dapat mencerminkan serangkaian gaya animasi yang meliputi :
-  Gambar
-  Puppetry
-  Digital imaging
-  Teknik dan gaya grafik yang luas

2. Perintah software meliputi :
- Gambar
- Puppetry
- Digital imaging

3. Jenis-jenis produksi dapat meliputi:
- Ciri-ciri film
- Film pendek
- Iklan
- Video musik
- Produksi televisi

4.Personil yang relevan meliputi:
- Desainer produksi
- Supervisor
- Kepala bagian
- Pengarah fotografi
- Sutradara
- Produser
- Pengarah teknis
- Staf teknik lain
- Staf spesialis lain
- Desainer
- Manajer studio
- Personil produksi animasi
- Artist visual

5. Elemen-elemen yang dianimasikan meliputi :
- Karakter
- Latar
- Property misal furniture

6. Detail untuk gambar kunci dapat ditemukan pada :
- Storyboard
- Layout gambar
- Layout gambar
- Kamera sheet
- Penggalan soundtrack
7. Image yang dianimasikan dapat berupa:
- Pencitraan yang digambar tangan
- Bentuk-bentuk dan ‘action’ yang dibuat melalui komputer

8. Penggalan mungkin dapat menunjukkan:
- Jumlah dimensi yang diperlukan
- Jejak ‘action’ dan penyertaan

9. Gambar-gambar kunci asli dan tiga dimensi dapat: :
- Diproduksi dalam berbagai macam gaya grafis
- Melibatkan banyak gaya dan teknik grafis 


Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip Part III
Satuan Pendidikan      :  SMK Az Zahra Mlonggo Jepara
Mata Pelajaran           :  Produktif Multimedia
Kelas / Semester         :  XII / 5 (Gasal)
Standar Kompetensi    :  Menguasai cara meng gambar clean-up dan sisip
Kompetensi Dasar       : mengidentifikasi syarat-syarat gambar 3 dimensi

 Sekarang kita sudah msuk dalap menidentifikasi syarat-syart gambar tiga dimensi


v  PANDUAN PENILAIAN
1.        Pengetahuan dan keterampilan penunjang Penilaian harus meliputi bukti pengetahuan utama dan ketrampilan pada bidang-bidang berikut :
1.1 Visualisasi dan pemahamankonsep kreatif.
1.2 Memahami skrip, spesifikasi dan instruksi.
1.3 Prinsip dan teknik produksi animasi.
1.4 Gambar pada skala.
1.5 Prinsip dan teknik animasi
1.6 Komposisi dan pembuatan film
1.7 Memahami elemen artistik produksi
1.8 Mengenal metode dan teknik animasi saat ini
1.9 Menjaga integritas design
1.10 Gambar hidup dan terjemahan ke karakter yang dianimasikan
1.11 Teori warna, garis, dimensi, kedalaman dan penerapannya pada layar kaca.
1.12 Karakter gambar
1.13 Gambar kartun
1.14 Prosedur kerja atau campuran keduanya.

2.       Konteks penilaian
2.1.    Penilaian mungkin dapat terjadi pada tempat kerja, diluar tempat.
2.2.     Penilaian diluar tempat kerja harus dilakukan dengan lingkungan kerja yang disimulasikan mendekat tempat kerja.
2.3.     Penilaian dapat menggunakan beberapa metode untuk menilai kemampuan dan pengetahuan utama yang mendukung penerapan, dan dapat mencakup:
2.3.1. Contoh kerja atau aktivitas kerja yang disimulasikan.
2.3.2. Pertanyaan lisan / wawancara yang ditujukan untuk mengevaluasi proses yang digunakan dalam mengembangkan dan mewujudkan konsep kreatif.
2.3.3. Laporan / buku catatan kemajuan.              
2.3.4. Laporan pihak ketiga dan prestasi otentik sebelumnya.
2.3.5. Bukti portfolio yang menggambarkan proses yang digunakan dalam mengembangkan dan mewujudkan konsep kreatif.

3.       Aspek penting penilaian
Bukti berikut ini penting untuk menilai kompetensi dalam unit ini:               
3.1.    Pengembangan gambar-gambar asli dan tiga dimensi yang memenuhi persyaratan praktis termasuk dalam jenis produksi dan batasan sumber, khususnya batasan anggaran.
1. Mengumpulkan, mengorganisir dan    menganalisa informasi.       
2. Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi.
3. Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas.
4. Bekerja dengan orang lain dan kelompok.              
5. Menggunakan ide-ide dan teknik matematika.
6. Memecahkan masalah.   
7.    Menggunakan teknologi              

Selanjutnya akan di bahas di lain waktu





No comments:

Post a Comment